Ads 468x60px

Monday 10 November 2014

Otot Penting untuk Setiap Pergerakan

Sistem otot adalah sistem tubuh yang memiliki fungsi seperti untuk alat gerak, menyimpan glikogen dan menentukan postur tubuh. Terdiri atas otot polos, otot jantung dan otot rangka. Otot merupakan alat gerak aktif yang mampu menggerakkan tulang, kulit dan rambut setelah mendapat rangsangan. Otot memiliki tiga kemampuan khusus yaitu :
  1. kontraktibilitas : kemampuan untuk berkontraksi / memendek
  2. Ekstensibilitas : kemampuan untuk melakukan gerakan kebalikan dari gerakan yang ditimbulkan saat kontraksi
  3. Elastisitas : kemampuan otot untuk kembali pada ukuran semula setelah berkontraksi. Saat kembali pada ukuran semula otot disebut dalam keadaan relaksasi.
Jenis-Jenis otot : - 


1. Otot Lurik
  • Nama lain: otot rangka, otot serat lintang (musculus striated) atau otot involunter
  • Struktur : serabut panjang, berwarna/lurik dengan garis terang dan gelap, memiliki inti dalam jumlah banyak dan terletak dipinggir
  • Kontraksi: menurut kehendak kita (dibawah kendali sistem syaraf pusat), gerakan cepat, kuat, mudah lelah dan tidak beraturan
  • Struktur anatomi dari otot rangka
2. Otot Polos
  • Nama lain : otot alat-alat dalam / visceral / musculus nonstriated / otot involunter
  • Struktur : bentuk serabut panjang seperti kumparan, dengan ujung runcing, dengan inti berjumlah satu terletak dibagiann tengah.
  • Kontraksi : tidak menurut kehendak atau diluar kendali sistem saraf pusat, gerakan lambat, ritmis dan tidak mudah lelah.
3. Otot Jantung
  • Nama lain: Myocardium atau musculus cardiata atau otot involunter
  • struktur : Bentuk serabutnya memanjang, silindris, bercabang. Tampak adanya garis terang dan gelap. memiliki satu inti yang terletak di tengah
  • Kontraksi: tidak menurut kehendak, gerakan lambat, ritmis dan tidak mudah lelah.
Fungsi Sistem Otot dalam Gerak Tubuh    
Tubuh manusia memiliki lebih dari 600 otot, yang mengendalikan beberapa fungsi kritis dan memungkinkan untuk membungkuk, mengangkat benda dan melakukan fungsi lain. Pelajari lebih lanjut tentang otot-otot dari tubuh manusia untuk lebih memahami bagaimana mereka bekerja.
Otot pada Sistem otot

Hanya ketika otot tubuh kita mulai terasa sakit kita menyadari tubuh kita memiliki begitu banyak otot. Sistem otot merupakan sebuah jaringan besar, yang melekat pada kerangka tubuh, dengan bantuan tali non elastis disebut tendon. Mereka membentuk sekitar 40% dari berat badan seseorang dan bertanggung jawab untuk mengendalikan gerakan tubuh. Ini adalah kontraksi dan relaksasi otot yang memungkinkan kita untuk berjalan, berlari, melompat, dll. Hal ini juga bertanggung jawab untuk berdiri, duduk, berbicara, gerakan berkedip, dll. Bila otot-otot ini melakukan pemogokan dan berhenti berkontraksi dan relaksasi, tubuh kita tidak akan mampu bergerak. Inilah sebabnya mengapa orang dengan gangguan otot seperti distrofi otot, dll akhirnya diamobilisasi seiring dengan waktu. Kita bisa pergi ke mana kita inginkan dan melakukan apa yang kita sukai, karena sistem otot kooperatif dalam tubuh kita. Mari kita cari tahu beberapa fungsi sistem otot dan bagiannya.
Sistem otot manusia tersebar di seluruh tubuh dikendalikan oleh sistem saraf tubuh. Tubuh manusia terdiri lebih dari 630 otot, yang terbesar (gluteus maximus) ditemukan di bagian bokong. Otot-otot dapat dikategorikan lebih lanjut. Sistem otot terdiri dari tiga jenis otot: otot rangka, polos, dan jantung.

Otot Rangka / lurik atau Otot Sadar

Otot rangka, yang melekat pada berbagai bagian kerangka, terdiri dari otot yang baik berlapis atau bergaris. Otot-otot ini juga disebut otot sadar, karena gerakan mereka dapat dikontrol oleh kita. Sebagai contoh, kita dapat memilih untuk mengangkat tangan dan bahu menepuk seseorang, berjalan, berlari, berenang, dll. Pergerakan seperti mengunyah, berkedip, mengetik, melempar, dan lain sebagainya yang dibawa oleh ini otot sadar.

Otot Polos atau Tak sadar

Otot-otot polos di sisi lain, adalah otot tak sadar yang ditemukan pada lapisan dinding usus, lambung, paru-paru dan organ berongga lainnya. Gerakan otot-otot ini tidak dapat dikendalikan oleh kita, sebaliknya mereka dikendalikan oleh sistem saraf otonom. Misalnya, kita tidak dapat mengontrol pergerakan peristaltik makanan pada perut, dll. Kita dapat mengontrol gerakan otot-otot paru-paru dan sebagainya.

Otot jantung

Seperti namanya menyiratkan, otot jantung adalah otot yang melapisi jantung dan tidak ditemukan di bagian lain dari tubuh. Mereka dikendalikan oleh pada sinus node, yang juga dipengaruhi oleh sistem saraf otonom. Dalam otot jantung terdapat beberapa mitokondria untuk produksi energi. Mereka juga memiliki jaringan luas pembuluh darah, yang memasok oksigen ke otot.

Apakah Fungsi Sistem otot?


Mobilitas
Rangka kerangka tubuh kita ditutupi oleh otot, yang fungsi utamanya adalah untuk menyediakan mobilitas untuk tubuh. Otot-otot tubuh bekerja berpasangan (otot antagonis dan  agonis) untuk memberikan suatu gerakan dalam tubuh. Mereka memindahkan tulang dengan menarik mereka. Otot hanya bisa menarik dan tidak mendorong, itulah sebabnya mengapa kerja tim dari otot sangat penting. Setelah otot menarik dan menyebabkan gerakan, maka otot lain dari pasangannya menarik dalam arah yang berlawanan untuk melakukan tindakan sebaliknya. Dengan demikian, kemampuan tubuh untuk bergerak berasal dari sistem otot. Ketika seseorang ingin berpindah dari satu tempat ke tempat lain, sistem saraf pusat memberi petunjuk pada serat otot tubuh berkontraksi atau bersantai, sehingga membantu dengan gerakan yang diperlukan. Karena sistem saraf pusat menginstruksikan serat otot untuk melaksanakan fungsi yang diperlukan, mereka adalah gerakan sadar. Tindakan seperti berjalan, memanjat, berlari, mengangkat, menari, jogging, dll adalah contoh dari gerakan yang disebabkan sebagai akibat dari kontraksi otot sadar dan relaksasi.
Komunikasi
Kita berutang kemampuan berkomunikasi pada otot rangka juga, yang memungkinkan kita untuk berbicara dan menulis. Menjadi sadar, otot-otot ini dapat dikontrol oleh otak kita dan mengatakan apa yang harus dikatakan dan ditulis. Jadi pada saat Anda mengatakan sesuatu yang buruk atau sensitif, ingat lidah Anda berada dalam kendali Anda dan setiap kata yang diucapkan dapat dikontrol oleh otak Anda. Jadi lidah Anda bisa dipegang dan berpikir sebelum berbicara!
Pemeliharaan Postur
Kita jarang memberikan pemikiran untuk bagaimana tubuh kita dapat tetap dalam posisi berdiri atau duduk. Bahkan, sebagian besar dari kita berpikir bahwa tubuh kita berada pada keadaan istirahat selama fase ini. Namun, otot-otot tertentu dalam tubuh akan terus berkontraksi dan relaksasi, membuat berbagai penyesuaian kecil, sehingga postur tubuh Anda dapat dipertahankan. Dengan demikian, kita mampu terus duduk atau berdiri, karena kontraksi otot. Otot-otot tubuh juga memberikan stabilitas sendi, dengan memperpanjang tendon mereka atas sendi.
Melaksanakan Pencernaan
Tindakan mendisi mulut kita dengan makanan bersifat sadar dan kita juga memiliki kontrol gerakan untuk mengunyah. Namun, setelah makanan ditelan apa yang terjadi padanya? Kita tidak memiliki kontrol itu, setelah melewati pipa makanan atau kerongkongan. Makanan melakukan perjalanan melalui kerongkongan ke perut melalui gerakan otot tak sadar yang disebut peristaltik. Kelancaran otot berkontraksi dan rileks yang memungkinkan makanan dicerna akan bergejolak di perut dan kemudian usus. Ketika proses pencernaan berlanjut, limbah tersebut dikirim ke daerah anus dari mana ia akan terbuang.
Pembangkitan panas
Karena kita berdarah panas, suhu tubuh yang konstan harus dipertahankan dalam tubuh, melalui pengaturan suhu. Dalam rangka untuk mempertahankan suhu tubuh yang konstan, yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan panas. Ketika kontraksi otot menyebabkan tulang untuk bergerak, yang menghasilkan panas. Otot-otot yang bertanggung jawab untuk produksi hampir 75% dari kebutuhan panas tubuh. Dengan demikian, dalam situasi dimana suhu tubuh merosot, otot-otot tanpa sengaja berkontraksi dan menghasilkan panas. Itulah sebabnya ketika kita dingin, kita mendapati tubuh kita menggigil. Menggigil merupakan mekanisme kontraksi otot tubuh untuk menghasilkan panas. Demikian pula, ketika suhu tubuh meningkat setelah olahraga atau aktivitas berat, otot-otot mengarahkan panas pada kulit untuk mendinginkan tubuh.
Sirkulasi Darah
Otot-otot jantung pada jantung bertanggung jawab untuk sirkulasi darah dalam jantung dan memompa ke seluruh tubuh. Ini jaringan pembuluh darah yang rumit memastikan oksigen yang cukup yang tersedia untuk otot-otot yang kontraksi dan gerakan relaksasi, sangat penting untuk kelangsungan hidup seseorang.
Pernafasan 
Respirasi melibatkan menghirup udara yang kaya oksigen dan menghembuskan nafas melibatkan pengusiran karbondioksida yang kaya udara. Untuk proses ini berlangsung, otot diafragma diperlukan, yang mengkontraksi dan melemaskan untuk mendatangkan inhalasi yang dibutuhkan dan pernafasan.
Absorpsi syok
Ini otot jaringan tubuh membentuk bantalan untuk kerangka tulang, sehingga melindungi organ vital. Selain itu, otot yang agonis dan antagonis bekerja berpasangan, membantu memperlambat gerakan sendi dalam arah yang berlawanan, dengan mengkontraksikan. Otot-otot ini terlihat berkontraksi untuk menyerap dampak dari tindakan-tindakan kuat seperti itu selama kegiatan olahraga atau selama jatuh.
Sistem otot adalah sistem organ yang benar-benar menarik dari tubuh kita. Otot-otot tetap bekerja sepanjang waktu, bahkan ketika kita sedang tidur. Hanya ketika seorang individu menjadi sadar, bahwa tubuh dalam keadaan lengkap istirahat otot. Jika tidak, otot-otot selalu berkontraksi dan relaksasi.
Bagaimana Ostematrik Shaklee dapat membantu :-

1. Menguatkan Tulang - Kalsium menghalang osteoporosis, menguatkan kuku, kerangka, gigi, sistem saraf. Ia juga merawat tulang retak, osteomalacia (rickets dewasa), kuku rapuh, eczema, kekejangan, gusi berdarah dan merangsang darah untuk memekat.

2. Memperbaiki kekejangan dan kebas-kebas - Pengambilan 600mg kalsium sebelum tidur akan memperbaiki kebas-kebas, kekejangan, sakit sendi dan arthritis

3. Meringankan stress - Ianya mengimbangi tekanan darah, memelihara denyutan jantung, impuls saraf, penenang saraf, menggalakkan tidur selesa, memperbaiki jantung berdebar, gementar, mimpi buruk dan stress. Juga memperbaiki depresi, mood swing, sakit kepala dan pitam.

4. Memperbaiki masalah haid - Kajian menunjukkan dengan pengambilan 1000mg kalsium dan magnesium serentak meringankan sakit waktu haid dan membantu membuang air kecil.

5. Pengalkalian tubuh - Kalsium adalah mineral alkalin, dan ianya berkesan memastikan imbangan pH tubuh. Ianya juga menghalang obesiti diwaktu umur tua. 
Tambahan pula kalsium membantu sel menyerap nutrien dan merangsang detoksifikasi.

6. Memperbaiki hiperaktiviti perut dan gastrik.

Antara golongan lain yang perlu ambil Ostematrix?
  • Ibu mengandung
  • Ibu yang menyusukan anak
  • Wanita yang sudah mencapai usia 30 tahun keatas (jisim tulang berkembang ke tahap maksimum pada umur 28 dan mengurang selepas itu)
  • Mereka yang kurang mengambil pemakanan yang sihat untuk kesihatan tulang contohnya mereka yang malas mengambil susu
  • Warga tua
  • Mereka yang merokok, minum alkohol atau penggemar minuman ringan. Kesemua ini mengganggu penyerapan kalsium yang diambil dari pemakanan harian
  • Pesakit sakit belakang, gigi rapuh dan tulang reput
  • Wanita yang mengalami PMS (Pre-menstrual Syndrome)
Info lanjut tentang produk, boleh hubungi saya.. Saya mengalu-alukan setiap soalan dari minda anda. Saya akan membantu anda dalam mencapai kehidupan yang lebih sihat dan baik.

Salam sayang  dari saya


Shaklee Simpang Renggam

SID : 1115221
Whatsapp Saya : 019-7700957
Cari saya di FB : A'thirah Aider
LIKE page Saya : Azalea Beauty & Healthcare


"Anda ingin menjana pendapatan bulanan sehingga 4-5 angka??.. Ingin membantu suami anda dari segi kewangan?? Ayuh, saya alu-alukan kedatangan anda.. Hubungi saya dengan segera.. Anda hanya perlu melakukannya secara online."

0 comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates